Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laba Bank Mandiri Semester I Tumbuh di Atas 10 Persen

Kompas.com - 01/07/2014, 14:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk Budi Gunadi Sadikin menyatakan performa perseroan pada semester I-2014 dinilai cukup baik. Laba pun mengalami pertumbuhan signifikan sepanjang paruh pertama tahun ini.

"Angka profit masih terjaga karena cost-nya masih di bawah. Pertumbuhan keuntungan di atas 10 persen," kata Budi ketika ditemui di Mabes Polri, Selasa (1/7/2014).

Adapun dari sisi kredit, Budi mengungkapkan pada semester I-2014 cukup lancar. Akan tetapi, lanjut dia, dana untuk menyalurkan kredit cenderung kurang lancar, sehingga, pertumbuhan kredit cenderung sedikit melambat. Meskipun demikian, rasio kredit macet alias non performing loan (NPL) masih terjaga dengan baik.

"Agak lancar, cuma dananya kurang lancar. Jadi kredit diperlambat sedikit. Pertumbuhan kredit di sekitar 17 persen. Kalau dari pertumbuhan memang banyak mengalir ke mikro dan ritel. Banyak di sana," jelas Budi.

Sekedar informasi, pada semester I-2013 Bank Mandiri membukukan laba bersih sebesar Rp 8,3 triliun, tumbuh 16 persen dari periode yang sama tahun lalu. Dengan mengacu pada angka tersebut, laba bersih per Juni 2014 minimal Rp 9,13 triliun.

Saat itu, Budi menjelaskan laba yang diperoleh tidak lepas dari kegiatan penyaluran kredit yang dilakukan perseroan. Adapun sepanjang tahun 2013, perseroan meraup laba sebesar Rp 18,204. Angka ini tumbuh 17,4 persen dibandingkan periode sama tahun 2012 sebesar Rp 15,5 triliun.

Selain pertumbuhan kredit, laju kenaikan laba juga ditopang pertumbuhan fee based income sebesar 18,6 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com