Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenhub Beri Kompensasi Tukang Delman di Garut Rp 100.000 per Hari

Kompas.com - 02/07/2014, 15:40 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyetujui rencana Pemerintah Kabupaten Garut memberikan konpensasi sebesar Rp 100.000 per hari kepada tukang delman di sekitar Pasar Limbangan, Garut.

Hal tersebut dilakukan agar delman-delman tidak beroperasi selama mudik lebaran sehingga kemacetan arus mudik disekitar Garut bisa dikurangi. "Mengenai andong, saya setuju itu (usulan kompensasi), saya lupa tahun lalu saya kunjungi kabupaten mana gitu, jadi tidak boleh lagi ada andong masuk, Akan dilakukan h-3 dan h+3," ujar Menteri Perhubungan, E.E Mangendaan di Garut, Jawa Barat, Rabu (2/7/2014).

Mangendaan menjelaskan, delman memang menjadi salah satu penyebab terjadinya kemacetan saat mudik Lebaran tiba di sekitar Pasar Limbangan. Beroperasinya delman membuat kecepatan kendaraan menjadi berkurang sehingga membuat terjadinya penumpukan kendaraan.

Selain delman, Menhub juga mengatakan, penyebab kemacetan di sekitar pasar Limbangan karena ada aktivitas pasar dan pertigaan jalan yang membuat macet arus lalu lintas di sekitar pasar Limbangan.

Bahkan, penumpukan kendaraan yang terjadi di daerah Garut tersebut bisa menjalar ke daerah Nagreg, Kabupaten Bandung.

"Karena pasar sedang dibangun, sekarang sama Polres sudah dikendalikan itu tapi belum ditutup, nanti ketika mudik, akan dilakukan penutupan total.termasuk tali untuk di Pasar Limbangan itu, kalo limbangan macet, maka bandung juga macet," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com