Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Impor Beras Tahun Ini Tak Besar

Kompas.com - 02/07/2014, 18:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Perdagangan Muhamad Lutfi menyatakan meski pemerintah berencana akan mengimpor beras medium untuk menjaga pasokan tahun ini, namun, diperkirakan jumlahnya tidak terlalu besar.

Lutfi menjelaskan, ketika pertumbuhan gabah tidak mencapai 5 persen, pemerintah akan melakukan impor. Pengalaman pada 2007, 2010, dan 2011 menunjukkan hal tersebut. “Tahun ini memang terjadi kekurangan, tapi kita punya surplus yang besar tahun lalu, 4,8 juta ton. Jadi mestinya, kalaupun ada delta, mestinya tidak signifikan,” katanya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Meski demikian, pemerintah harus tetap menjaga pasokan. Bulog pun kata dia mesti memiliki stok untuk memperbaiki strukturnya. “Jangan sampai kita kekurangan dulu, baru tiba-tiba mencari impor dari luar,” imbuhnya.

Dari surplus produksi tahun lalu sebesar 4,8 juta ton, cadangan beras Bulog saat ini masih ada 1,8 juta ton. Menurut Lutfi, itu bisa digunakan untuk mencukupi kebutuhan selama 7 bulan.

Berdasarkan ARAM 1 tahun 2014 yang dirilis BPS, Lutfi mengatakan telah memberikan instruksi kepada Perum Bulog untuk mengantisipasi kekurangan pasokan dengan cara impor. Dia menyadari, tahun 2014 ini merupakan tantangan berat bagi pemerintah untuk menjaga stabilitas harga.

Setelah digempur bencana erupsi dua gunung api di awal tahun serta banjir, kondisi pangan akan menghadapi badai kering El Nino di akhir tahun. “Kedua, yang mesti juga diantisipasi itu adalah masalah-masalah strategis di lapangan. Supaya fair, ini masalah pupuk juga bermasalah. Kita musti antisipasi. Jadi tugas kami di Kemendag kan untuk antisipasi. Jadi ini bukan nyalah-nyalahin kementerian yang lain. Bahwa ini memang tantangan 2014 ini luar biasa,” katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com