Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Awasi Bank yang Beri Bunga Simpanan Tinggi

Kompas.com - 04/07/2014, 18:48 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memantau peningkatkan suku bunga simpanan pada perbankan. Pasalnya, bunga simpanan yang tinggi membahayakan bank dari sisi kenaikan rasio kenaikan macet atau non performing loan (NPL) karena bunga kredit akan ikut naik, serta penurunan margin.

Halim Alamsyah, Dewan Komisioner OJK Ex-Officio BI, mengatakan, bunga simpanan bank seharusnya sudah mulai stabil pada semester II-2014. "Kami akan terus memantau dan tidak akan diam melihat bunga simpanan naik terus tak terkendali hanya untuk mengejar kredit," kata Halim, Jumat (4/7/2014).

Bank-bank yang memberikan bunga simpanan tinggi juga harus merelakan penurunan margin, karena bunga simpanan tinggi tidak diimbangi dengan kenaikan bunga kredit. "Beberapa margin bank akan tertekan, jika mereka tidak mau menurunkan suku bunga deposito," tambahnya.

Budi Gunadi Sadikin, Direktur Utama Bank Mandiri, mengakui, margin bank akan tertekan pada semester II/2014 karena biaya yang terus naik. Adapun, rasio margin bunga bersih atau net interest margin (NIM) pada kuartal I-2014 sebesar 5,75 persen. "Kami akan margin di level 5 persen," kata Budi.

Hendrawan Danusaputra, Direktur Institusional Banking Bank Pan Indonesia (Panin), menuturkan, pihaknya akan menjaga rasio margin sebesar 4 persen pada akhir tahun, atau naik dari posisi saat ini sebesar 3,8 persen. Adapun laba diproyeksikan tumbuh 5 persen sampai 10 persen. (Nina Dwiantika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com