Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Peran Strategis Belajasumba Bagi Perekonomian Nasional

Kompas.com - 05/07/2014, 18:41 WIB
Kontributor Bengkulu, Firmansyah

Penulis


BENGKULU, KOMPAS.com - Kawasan Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung (Belajasumba) memiliki posisi strategis bagi pertumbuhan perekonomian nasional mengingat mulai rentannya keadaan wilayah Jawa. Hal ini disampaikan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman dalam seminar regional peningkatan peran kawasan Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumsel dan Bangka Belitung (Belajasumba) di Bengkulu, Jumat (4/7/2014).

"Sumatera merupakan masa kini Indonesia," kata Irman.

Dari konteks kependudukan, Belajasumba memiliki 23 juta jiwa sebagai modal dasar sumber daya manusia. Dalam konteks pembangunan, kawasan ini mempunyai keunggulan berikutnya yakni energi, pertanian, perkebunan, pariwisata dan sebagainya.

Sumatera merupakan pulau keenam terbesar di dunia dengan luas 443.065,8 kilometer per segi atau setara tiga negara yang digabung antara Jerman, Austria dan Switzerland. Sumatera memiliki potensi mejadi pintu gerbang pasar global karena dekat dengan pusat pertumbuhan ekonomi regional seperti Singapura, Malaysia, Thailand dan India.

Selat Malaka yang memisahkan daratan Sumatera dan Semenanjung Malaysia dilalui sekitar 5.000 kapal, merupakan potensi besar menjadi laut tersibuk di wilayah Asia Pasifik.

"Belajasumba tinggal menentukan kompetensi inti, harus dirancang core competence-nya," lanjut Irman.

Ia contohkan Sumsel misalnya harus ditempatkan sebagai lumbung energi nasional, Lampung sebagai basis pertanian, Bangka Belitung sebagai provinsi kepulauan, dan seterusnya.

Selama ini menurut Irman kawasan ini terkendala dalam sistem transportasi darat, laut dan udara, seperti jalan raya, pelabuhan laut, telekomunikasi sebagai penunjang aksesbilitas antar wilayah dalam mendukung ekonomi regional kawasan.

Untuk itu dibutuhkan sebuah langkah solutif menurutnya berupa badan perencanaan pembangunan regional sebagai wadah sinkronisasi dan harmonisasi dengan Bappenas.

"Belajasumba harus menjadi pekerjaan rumah bagi presiden terpilih mendatang sebagai kawasan yang dapat meningkatkan pertumbuhan nasional," ucap Irman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com