Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Tak Ingin Hanya "Akan" dan "Ingin"

Kompas.com - 05/07/2014, 23:13 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menanggapi pertanyaan capres nomor urut 1 Prabowo Subianto tentang tambahan lahan sawah baru untuk produksi pangan, capres nomor urut 2 Joko Widodo enggan berwacana, ia ingin melakukan implementasi secara riil.

"Bapak setuju atau tidak kita (Prabowo-Hatta Rajasa) bangun 2 juta hektar sawah baru? Saya mengerti kalau mau buat sawah harus butuh air. Iya kan?" tanya Prabowo dalam debat capres, Sabtu (5/7/2014).

Menanggapi pertanyaan itu, Jokowi merasa tak harus menjawab. Sebab, dalam visi dan misinya telah jelas tertuang komitmennya untuk mencetak 1 juta hektar lahan sawah baru.

"Sekarang banyak yang membuat visi dan misi, rencana, dan wacana. tapi bagaimana implementasinya. Laksanakan. Bukan akan atau ingin," ucap Jokowi.

Jokowi menegaskan, ia dan Jusuf Kalla ingin membuat manajemen pelaksanaan yang riil alias nyata. Ia tak ingin mengulang kesalahan pemerintah sebelumnya yang membangun sawah namun gagal digarap lantaran tak ada air. "Ini harus jadi catatan. Jangan ulangi kesalahan," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com