Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IMF Beri Sinyal Perekonomian Global Akan Melambat

Kompas.com - 07/07/2014, 11:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Managing Director Badan Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde memberikan sinyal pemangkasan pertumbuhan ekonomi global. Lagarde beralasan, tingkat investasi masih sangat lemah serta masih adanya risiko di AS meski terjadi rebound dalam perekonomian.

"Perekonomian global memang mengalami percepatan pertumbuhan, meski pertumbuhannya lebih rendah dari prediksi kami sebelumnya. Penyebabnya, potensi pertumbuhan yang masih rendah dan anggaran investasi yang masih minim," jelas Lagarde pada konferensi pers di Perancis.

Pernyataan ini menggarisbawahi adanya ancaman atas pertumbuhan ekonomi global pada saat Federal Reserve memangkas stimulus mereka dan upaya Bank Sentral Eropa memerangi inflasi yang hanya tercapai separuh dari target yang ditetapkan.

Lagarde menambahkan, pertumbuhan ekonomi AS masih akan tumbuh dalam beberapa bulan ke depan. "Di AS, kami memprediksi akan adanya rebound yang signifikan," jelas Lagarde. Sedangkan perekonomian emerging market di Asia akan berhasil menghindari hard landing.

Menurut jadwal, IMF tengah mempersiapkan update prediksi ekonomi global pada bulan ini setelah pada 8 April lalu meramal pertumbuhan ekonomi dunia hanya akan tumbuh 3,6 persen tahun ini dan 3,9 persen pada tahun 2015. (Barratut Taqiyyah)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com