Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Power Gandeng BNI untuk Pengelolaan Keuangan

Kompas.com - 07/07/2014, 17:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) dan PT Indonesia Power menjalin kerjasama dalam pengelolaan keuangan terpusat atau Rekening Imprest Terpusat untuk mengelola dan mengendalikan posisi keuangan secara efisien di lingkungan kerja Indonesia Power.

Indonesia Power menunjuk BNI sebagai pelaksana sistem Rekening Imprest Terpusat untuk mengelola 15 unit bisnis perseroan yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah dana operasional yang dikelola melalui rekening terpusat ini mencapai sekitar Rp 200 miliar per bulan.

“Dengan terpusatnya pengelolaan dana tersebut diharapkan akan terjadi peningkatan intensitas transaksi perbankan di lingkungan Indonesia Power, sehingga BNI dapat memperoleh manfaat berupa adanya peningkatan floating fund pada rekening operasional dan menjadi sumber pendapatan berbasis komisi baru,” kata General Manager BUMN & Institusi Pemerintah BNI Putrama Wahju Setyawan dalam keterangan pers, Senin (7/7/2014).

Ke-15 unit usaha Indonesia Power yang rekeningnya dimasukkan ke dalam pengelolaan ini adalah Unit Bisnis Pembangkit Suralaya, Unit Bisnis Pembangkit Tanjung Priok, Unit Bisnis Pembangkit Saguling, Unit Bisnis Pembangkit Kamojang, Unit Bisnis Pembangkit Mrica, Unit Bisnis Pembangkit Semarang, Unit Bisnis Pembangkit Perak & Grati, Unit Bisnis Pembangkitan dan Operasi Pemeliharaan (UBPOH) Bali.

Unit bisnis lainnya adalah Unit Bisnis Pemeliharaan, Unit Bisnis Operasi & Pemeliharaan (UBOH) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 1 Suralaya 8, UBOH PLTU Banten 2 Labuan, UBOH PLTU Banten 3 Lontar, UBOH PLTU 2 Jawa Barat Pelabuhan Ratu, UBOH Adipala, dan UBOH Pangkalan Susu.

Selain Rekening Imprest Terpusat, BNI juga menyediakan layanan BNI Cash Card PLN, yaitu solusi cash management yang digunakan untuk mengelola kas kecil di tingkat sub unit bisnis. Dengan solusi ini, sub unit bisnis akan memperoleh kepastian ketersediaan dana untuk operasional kas kecilnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com