Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bankir Minta Prabowo-Hatta Legawa Hadapi Kekalahan

Kompas.com - 11/07/2014, 17:10 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Perbanas Sigit Pramono yakin pasangan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, sudah bisa menebak hasil Pilpres 2014 dari hasil hitung cepat 12 lembaga survei.

"Kalau delapan lembaga survei menyimpulkan Jokowi-JK unggul dan empat lembaga survei mengatakan Prabowo-Hatta unggul, saya yakin mereka sudah tahu hasil Pilpres 2014 ini," katanya dalam keterangan resmi diterima Kompas.com, Jumat (11/7/2014).

Sigit juga yakin bahwa Prabowo dan Hatta termasuk orang-orang terpelajar serta intelektual yang rasional dan paham metode dan cara kerja hitung cepat lembaga survei. "Kalau mencermati sikap kesatria Prabowo ketika Debat Capres yang lalu, saya yakin tanpa menunggu tanggal 22 Juli 2014, Prabowo akan mengucapkan selamat ke Jokowi," imbuhnya.

Menurut prediksi Sigit, Prabowo sekali lagi akan mengatakan bahwa dirinya tidak akan menuruti pandangan para penasihatnya. "Dia akan mengedepankan akal sehat dan mengakui kemenangan Jokowi," kata Sigit.

Dengan cara itu, lanjut Sigit, Prabowo akan tercatat sebagai tokoh berjiwa besar dan negarawan yang disegani di Indonesia. "Itulah prediksi saya. Orang bijak mengatakan, 'Menang itu banyak saudaranya. Kalah itu seperti yatim piatu'," tandasnya.

Terakhir, dia berharap kepada semua pihak untuk ikut menjaga agar Indonesia tenang dan pasar tidak bergejolak. Pemilu damai yang sudah diselenggarakan seharusnya menimbulkan sentimen positif.

"Bukan ketidakpastian baru. Kita tidak perlu ikut-ikutan menebar kekhawatiran berlebihan. Rakyat sudah menentukan pilihan," tukas Sigit.

Sebagaimana diketahui, Pilpres 9 Juli 2014 telah usai. Namun demikian, muncul kemenangan-kemenangan sementara dari beragam versi.

Delapan lembaga survei yang mengunggulkan Jokowi-JK, yaitu Litbang Kompas (52,34 persen), RRI (52,71 persen), SMRC (52,91 persen), CSIS-Cyrus (52,1 persen), LSI (53,37 persen), IPI (52,47 persen), Poltracking Institute (53,37 persen), dan Populi Center (50,95 persen).

Sementara itu, empat lembaga survei yang mengunggulkan Prabowo-Hatta yaitu Puskaptis (52,05 persen), JSI (50,14 persen), LSN (50,56 persen), dan IRC (51,11 persen).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com