Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Perekonomian Domestik Kuartal II Masih Melambat

Kompas.com - 13/07/2014, 10:07 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menilai perekonomian Indonesia pada kuartal II 2014 masih menunjukkan tren perlambatan. Menurut bank sentral, meskipun masih tumbuh cukup kuat, konsumsi rumah tangga diperkirakan melambat.

"Hal ini diindikasikan, antara lain, oleh melambatnya indeks penjualan eceran dan penjualan mobil," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam konferensi pers di Kantor Pusat BI, pekan lalu.

Bank sentral juga memperkirakan konsumsi pemerintah tumbuh lebih rendah sebagai akibat bergesernya pembayaran gaji ke-13 ke kuartal III-2014 dan adanya penghematan belanja kementerian dan lembaga.

"Sementara itu, pertumbuhan investasi juga diperkirakan melambat, khususnya investasi bangunan sebagai dampak kebijakan stabilisasi. Namun, investasi non bangunan diperkirakan meningkat yang, antara lain, ditopang oleh kinerja ekspor manufaktur yang masih kuat," jelas Tirta.

Secara keseluruhan, BI melaporkan kinerja sektor eksternal masih lemah, karena tertahan kinerja ekspor batu bara dan mineral. Meskipun ekspor secara keseluruhan melemah, ekspor manufaktur non sumber daya alam menunjukkan tren peningkatan, khususnya alat angkut.

"Hal tersebut terutama didukung oleh pemulihan ekonomi di negara maju dan mulai dijadikannya Indonesia sebagai basis produksi mobil untuk pasar utama ASEAN, Jepang, dan negara Asia lainnya," ujar Tirta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com