Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Penyaluran Kredit Baru Makin Ketat

Kompas.com - 15/07/2014, 11:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Perbankan Triwulan II 2014 melaporkan, perbankan semakin ketat dalam penyaluran kredit. Ini terlihat dari kenaikan persentase aplikasi pengajuan kredit baru yang ditolak menjadi 12,9 persen, lebih tinggi dibanding kuartal sebelumnya yang mencapai 12,1 persen.

"Pada triwulan III 2014, responden survei memperkirakan adanya peningkatan pertumbuhan triwulanan kredit baru dan perlambatan pertumbuhan triwulanan DPK (dana pihak ketiga)," tulis BI dalam pernyataan resmi, Selasa (15/7/2014).

Lebih lanjut, sejalan dengan hal tersebut, suku bunga dana diperkirakan meningkat dan berdampak pada kenaikan suku bunga kredit pada kuartal III. Responden memperkirakan rata-rata suku bunga kredit modal kerja, kredit investasi, dan kredit konsumsi pada kuartal III 2014 akan naik masing-masing 29 basis poin, 26 basis poin, dan 4 basis poin.

Pertumbuhan kredit baru tercatat kembali menguat pada kuartal II 2014. Hal ini dapat terlihat dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) hasik Survei Perbankan Triwulan II 2014 sebesar 87,9 persen, lebih tinggi 21,7 persen dibandingkan kuartal sebelumnya.

Peningkatan terjadi pada semua kelompok bank, dengan peningkatan tertinggi pada kelompok bank kecil. Hasil survei juga menunjukkan pertumbuhan kredit pada tahun 2014 diperkirakan melambat menjadi 18,2 persen secara tahunan (yoy), lebih rendah daripada pertumbuhan tahun sebelumnya yang mencapai 21,8 persen (yoy).

"Perkiraan tersebut mendekati target pertumbuhan kredit 2014 oleh Bank Indonesia yaitu sebesar 15 sampai 17 persen," sebut BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com