Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sehari, Uang yang Ditukar Masyarakat di Monas Tembus Rp 4,1 Miliar

Kompas.com - 16/07/2014, 13:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) menyediakan uang tunai dalam jumlah besar untuk keperluan masyarakat pada hari raya Idul Fitri. Animo masyarakat dalam menukarkan uangnya pun sangat besar.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan mengungkapkan bank sentral melayani penukaran uang sejak tanggal 1 Juli lalu hingga 25 Juli mendatang. Secara nasional, jumlah uang yang telah ditukarkan sejak tanggal 1 Juli mencapai Rp 800 miliar.

"Dari tanggal 1 sudah Rp 14,1 miliar dan jumlah penukar 5.050 orang di Monas. Kemarin (1 hari saja) Rp 4,1 miliar. Di Monas saja," kata Lambok di Lapangan IRTI, Rabu (16/7/2014).

Lambok mengungkapkan, pada dasarnya nominal uang yang paling banyak ditukarkan masyarakat adalah uang pecahan kecil, yakni di bawah Rp 20.000. Bank sentral memperkirakan kebutuhan uang tunai selama bulan Ramadhan hingga Idul Fitri mencapai Rp 118,5 triliun. Adapun uang tunai yang disediakan BI mencapai Rp 190 triliun.

"Penarikan uang dari BI secara total Rp 49,9 triliun. Tidak semua untuk penukaran, ada yang bayar THR. Pecahan kecil Rp 6,5 triliun, pecahan besar Rp 43,3 triliun," ujar Lambok.

Pada kesempatan yang sama, Deputi Gubernur BI Ronald Waas mengungkapkan bank sentral melihat terdapat peningkatan permintaan uang tunai setiap tahunnya.

"Total kita perkirakan kebutuhan sekitar Rp 118,5 triliun untuk selama bulan Ramadan. Yang disediakan BI bisa sampai Rp 190 triliun sampai dengan tanggal 25 Juli. Tiap tahun meningkat. Tahun ini kita pekirakan naik 14,9 persen," ungkap Ronald.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com