Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anak Usaha Pertamina Akan Caplok Perusahaan Oli Thailand

Kompas.com - 16/07/2014, 13:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak usaha PT Pertamina (persero), PT Pertamina Lubricant akan mengakuisisi perusahaan oli asal Thailand. Hal ini sebagai upaya untuk menguasai pangsa pasar di Asia Pasifik dan Tiongkok.

Direktur Utama Pertamina Lubricant Suprianto Dwi Hutomo menjelaskan, pihaknya akan mengakuisisi 100 persen perusahaan oli Thailand tersebut. Namun untuk saat ini kedua belah pihak menunggu tanda tangan kesepakatan.

"Thailand punya konsumsi oli terbesar," ujar Suprianto, Selasa (15/7/2014).

Suprianto menjelaskan dengan akuisisi dengan perusahaan Thailand, Pertamina bisa mendapat tambahan kapasitas produksi 1.200 kiloliter. Dengan pasokan sebanyak itu bisa mengambil pasar oli pelumas di Tiongkok.

Tahun ini, belanja modal perseroan digunakan untuk melakukan modernasi pabrik di Jakarta sebesar Rp 800 miliar, bangun pabrik adiktif Rp 200 miliar dan pabrik grees sekitar Rp 400 miliar.

"Capex itu masih besar untuk domestik tahun ini, kan kita keluarin 800, 200, 400 itu sudah berapa, tapi saya tidak sebutin ya akuisisi nilainya berapa," jelas Suprianto.

Sedangkan untuk akuisisi perusahaan oli Thailand, Supri menyebutkan nilainya dibawah Rp 1 triliun. Hal ini, atas pengakuan Suprianto bahwa belanja modal untuk dalam negeri lebih besar. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com