Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

ESDM: Newmont Harus Cabut Gugatan Dulu Baru Negosiasi

Kompas.com - 17/07/2014, 12:01 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) masih menunggu pencabutan gugatan arbitrase oleh PT Newmont Nusa Tenggara. Hal ini sesuai dengan instruksi Menko Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung yang meminta perusahaan tambang itu mencabut gugatan.

“Tapi kita tidak perlu menunggu habis-habisan seperti itu. Kita tetap konsisten menyiapkan langkah-langah. Enggak ada negosiasi dengan Newmont, cabut dulu baru negosiasi,” kata Direktur Jenderal Minerba, Kementerian ESDM, R Sukhyar, di Jakarta, Kamis (17/7/2014).

Menurut Sukhyar, Newmont tidak menunjukkan kepercayaan terhadap pemerintah Indonesia, dan hal tersebut sangat disayangkan. “Kan masalahnya sederhana. Kita negosiasi, lalu dia (tiba-tiba) arbitrase. Berarti tidak ada trust donk. Kalau tidak ada trust, buat apa?” katanya.

Lebih lanjut dia bilang, pihak Newmont sudah diberitahu bahwa pemerintah membuka kesempatan untuk melanjutkan proses negosiasi. “Newmont kan kaitanya tinggal penerimaan negara (royalti). Newmont itu sebenarnya tinggal sedikit lagi,” imbuh Sukhyar.

Dia bilang, Newmont merespon dengan permintaan pemerintah Indonesia untuk kembali ke meja perundingan dengan menggelar RUPS di Amerika, pada hari ini waktu Amerika Serikat, atau Jumat (18/7/2014) waktu Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com