Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bursa Asia Rontok Pasca-jatuhnya #MH17

Kompas.com - 18/07/2014, 11:02 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


HONGKONG, KOMPAS.com — Bursa Asia melemah pada perdagangan Jumat (18/7/2014) pagi. Pelemahan ini berlanjut setelah melemahnya bursa AS pasca-tekanan di Gaza. Selain itu, jatuhnya pesawat Malaysia Airlines MH17 juga menyebabkan rontoknya bursa Asia.

Mengutip CNN Money, indeks Nikkei terempas 1,4 persen. Di samping itu, indeks Hang Seng Hongkong pun melemah sebesar 0,4 persen. Pasar saham Malaysia jatuh 0,4 persen, dengan saham-saham sektor penerbangan terpukul paling keras setelah pesawat Malaysia Airlines MH17 jatuh di perbatasan Rusia dan Ukraina.

Pesawat tersebut diduga ditembak misil pasukan pro-Rusia. Saham Malaysia Airlines tergelincir 13 persen pada perdagangan sesi pagi. Sementara itu, saham Malaysia Airports jatuh 5 persen.

Pesawat berjenis Boeing 777 tersebut bertolak dari Amsterdam menuju Kuala Lumpur. Investor terus menyimak rincian terkait pesawat naas tersebut serta ketegangan di Gaza.

Bursa saham Dow Jones ditutup melemah hampir 1 persen, indeks S&P 500 tergelincir 1,2 persen, dan Nasdaq jatuh 1,4 persen. Pelemahan itu merupakan pelemahan terparah Dow Jones selama 2 bulan terakhir, dan pelemahan S&P adalah yang terendah dalam 3 bulan.

Baca juga: Harga Emas Dunia Melonjak Pasca-Malaysia Airlines #MH17 Jatuh

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com