Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Analis: IHSG Anjlok, Cermin Sentimen Negatif Investor pada Prabowo

Kompas.com - 22/07/2014, 17:11 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Penurunan IHSG dan melemahnya rupiah pada sore tadi ditengarai terjadi karena pernyataan Prabowo yang tidak mau menerima hasil rekapitulasi KPU.

Menurut Head of Research Universal Broker Indonesia, Satrio Utomo, kondisi tersebut merupakan cermin sentimen negatif investor terhadap pernyataan Prabowo tersebut.

"Iya tadi memang bursa mengalami penurunan, ada pengaruh dari pernyataan tersebut, itu bentuk sentimen negatif terhadap Prabowo," ujar Satrio Utomo kepada Kompas.com, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Dia menjelaskan, meskipun saat ini IHSG melemah, tetapi pasar tidak akan terus menerus memberikan sentimen negatif dalam waktu lama. Bahkan dia mengatakan, saat ini saham sudah mulah hijau kembali.

Satrio mengatakan, jika pengumuman final KPU sudah ditetapkan dan Prabowo tetap menyatakan ketidakpuasannya, pasar kemungkinan besar tidak akan kembali bergejolak karena sentimen negatifnya sudah terjadi pada sore hari ini.

"Saya kira tidak akan terjadi lagi, karena ini sentimen negatif cukup terjadi pada sore hari ini," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com