Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelesuan Ekonomi Indonesia Bisa Dibenahi dengan Biaya Rp 46 Triliun

Kompas.com - 22/07/2014, 19:43 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pelindo II (Persero) atau IPC, RJ Lino menuturkan, tantangan pemerintah ke depan masih sama yakni menurunkan tingginya biaya logistik, yang membuat biaya tinggi sehingga ekonomi lesu atau tak punya daya saing.

Dia mengatakan, yang utama untuk menurunkan biaya logistik adalah dengan melakukan pembenahan pelabuhan menyeluruh, tak hanya infrastruktur pelabuhan, namun yang utama adalah merombak birokrasi pemerintah yang menyebabkan proses di pelabuhan menjadi lamban.

"Pokoknya kalau maritim diberesi Indonesia itu sehat. Saya senang sekali program pemerintah yang Jokowi, mau beresin maritim. Karena kalau itu enggak beres Indonesia enggak beres. Kuncinya ada di pelabuhan," katanya ditemui di sela-sela diskusi Kadin Selasa (22/7/2014).

Dia mengatakan, tak hanya Tanjung Priok saja yang perlu dibenahi, namun juga semua pelabuhan di Indonesia. Hal tersebut disebabkan, kapal tidak hanya akan bersandar di Prio saja, melainkan bolak-balik.

Dia bilang, baik Priok maupun pelabuhan lain misalnya Banjarmasin, atau Belawan, semuanya harus diperbaiki. "Jadi mesti dibaikin semua. Investasi 4 miliar dollar (sekitar Rp 46 triliun)," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com