Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Euforia Kemenangan Jokowi, Rupiah Kembali Bangkit

Kompas.com - 23/07/2014, 08:47 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Euforia pengumuman hasil pemilu presiden semalam diproyeksikan akan mengangkat posisi nilai tukar rupiah, Rabu (23/7/2014). Hal itu terjadi di tengah kenaikan indeks dollar AS.

Data penjualan rumah AS yang naik membantu penguatan indeks dollar lebih lanjut hingga dini hari tadi. Angka inflasi yang bertahan di atas 2 persen secara tahunan serta ketegangan di Ukraina, yang jauh dari kata selesai, juga merupakan faktor pendukung dollar AS. Euro terjerembab ke 1,34 per dollar AS bersama dengan yield US Treasury 10 tahun yang jatuh ke 2,46 persen. Data consumer confidence zona Euro ditunggu malam ini.  

Rupiah bergerak fluktuatif hingga kemarin sore menjelang penguman hasil pilpres. KPU akhirnya mengumumkan hasil rekapitulasi bahwa Joko Widodo menjadi pemenang dalam pilpres, dengan keunggulan jumlah suara yang signifikan.

Menurut riset Samuel Sekuritas Indonesia, euforia hasil pilpres berpotensi membawa rupiah menguat tajam pada hari ini. "Sentimen akan bertahan hingga akhirnya harus diuji oleh pengumuman data neraca perdagangan pada awal Agustus yang diperkirakan kembali tercatat defisit," tulisnya.

Sementara itu, pada awal perdagangan di pasar spot, seperti dikutip dari data Bloomberg, rupiah berhasil menguat menembus kisaran 11.500. Mata uang garuda ini dibuka naik ke posisi 11.526,3 per dollar AS dibanding penutupan kemarin pada level 11.606,3.

Baca juga: Prabowo Tolak Pilpres, Pasar Sempat "Shock"

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com