Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BCA Raup Laba Rp 7,9 Triliun Per Semester I-2014

Kompas.com - 23/07/2014, 17:35 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) meraup laba bersih sebesar Rp 7,9 triliun pada semester I-2014. Capaian ini meningkat 24,2 persen jika dibandingkan dengan periode sebelumnya Rp 6,3 triliun.

"Di tengah periode ketidakpastian ekonomi, BCA terus menunjukkan daya tahan dan kemampuannya dalam beradaptasi terhadap situasi dengan berbagai tantangan. Penerapan manajemen risiko secara disiplin telah mendukung kualitas kredit dan probabilitas yang berkelanjutan," kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam konferensi pers di Hotel Kempinski, Rabu (23/7/2014).

Pendapatan operasional yang terdiri dari pendapatan bunga bersih dan pendapatan operasional lainnya tumbuh 25 persen menjadi Rp 19,6 triliun pada semester I 2014 dari Rp 15,7 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Adapun portofolio kredit pada semester I-2014 meningkat 14,6 persen secara tahunan menjadi Rp 321,3 triliun pada akhir Juni 2014.

Sementara itu, rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL) terjaga pada level yang rendah, yakni 0,5 persen. Selain itu, BCA berhasil menghimpun dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp 421,2 triliun pada pengujung Juni 2014, meningkat 11 persen secara year on year.

Saldo dana rekening transaksi yakni giro dan tabungan merupakan porsi utama DPK, yakni 77,2 persen. Adapun dana murah meningkat 6,3 persen year on year menjadi Rp 325,2 triliun.

"Dengan indikator-indikator perekonomian Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang melambat, volatilitas nilai tukar rupiah yang terus berlanjut dan likuiditas yang lebih ketat, merupakan hak penting bagi BCA untuk menjaga pertumbuhan kredit pada level yang tepat serta memperkuat posisi likuiditas dan permodalan," ujar Jahja.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com