Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konsumsi Rumah Tangga Saat Pemilu Sumbang Pertumbuhan Ekonomi

Kompas.com - 05/08/2014, 21:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II 2014 hanya mencapai 5,12 persen. Konsumsi rumah tangga masih menjadi mesin utama penggerak pertumbuhan ekonomi.

BPS mencatat konsumsi rumah tangga mengalami peningkatan menjadi 5,59 persen pada kuartal II 2014 dibandingkan 5,61 persen pada kuartal I 2014. Bila dibandingkan pertumbuhan secara tahunan, pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2014 lebih tinggi. Data-data tersebut berdasarkan data PDB menurut pengeluaran.

Kepala BPS Suryamin menyatakan konsumsi pada periode pemilu legislatif dan pemilu presiden turut memberi andil dalam aktivitas perekonomian nasional. "Pemberian kaos, makanan gratis kami hitung sebagai pendapatan dan dicatat dalam konsumsi. Biaya kampanye juga," kata dia dalam konferensi pers di kantornya, Selasa (5/8/2014).

Di samping itu, Suryamin mengungkapkan jenis konsumsi rumah tangga lainnya seperti penjualan barang komunikasi seperti ponsel dan barang terkait transportasi seperti BBM pun turut menjadi komponen pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun konsumsi pemerintah tercatat tidak tinggi, malah berada pada posisi minus.

Pada kuartal II-2014, kontribusi konsumsi pemerintah tercatat minus 0,71 persen, turun dibandingkan 2,71 persen pada kuartal II 2013. Menurut Suryamin, hal ini lantaran realisasi belanja pegawai yang mengalami penurunan dibandingkan kuartal II tahun lalu.

"Pembayaran gaji ke-13 yang terlambat, baru dibayar saat bulan puasa dan rapel gaji pokok Januari sampai Juni 2014," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com