Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wamen ESDM: Soal Ekspor Freeport, Kita Juga Perlu Duit

Kompas.com - 06/08/2014, 09:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
- Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral Susilo Siswoutomo mengungkapkan, PT Freeport Indonesia akan melakukan ekspor sesuai dengan konsentrat yang telah siap mulai Rabu (6/8/2014) ini.

Semakin banyak ekspor yang dilakukan Freeport, Susilo mengaku senang karena penerimaandari ekspor Freeport untuk negara.

"Makin banyak ekspor semakin banyak revenue kita juga perlu duit," ujar Susilo di kantor Kementerian ESDM, Selasa (5/8/2014).

Susilo menjelaskan, Freeport telah melakukan usaha yang keras untuk bisa melakukan ekspor bahan mineral dari Indonesia. Salah satunya adalah Freeport memberikan uang jaminan membangun pabrik pengolahan (smelter) dan jaminan pasokan bahan mentah mineral untuk diolah.

"Bangun satu smelter perlu jaminan pasokan bahan yang diolah, bangun smelter 2 miliar dolar AS, dan membutuhkan pasokan konsentrat 20 sampai 30 tahun," ungkap Susilo.

Saat ini pemerintah sudah memberikan izin kepada Freeport untuk ekspor yang rencananya dilakukan mulai besok. Pihak pemerintah selanjutnya tinggal mengawasi pelaksanaan pertambangan Freeport dan pembangunan smelter yang telah dijanjikan Freeport selama ini.

"Freeport sudah selesai tinggal mengawasi pelaksanaan smelter, melakukan kegiatan pertambangan," papar Susilo. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com