Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Gubernur BI, Jokowi Tanya-tanya Ekonomi Nasional

Kompas.com - 07/08/2014, 13:58 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardoyo menemui Joko Widodo di kantor gubernur DKI Jakarta pada Kamis (7/8/2014) siang. Jokowi memanfaatkan pertemuan itu untuk mengorek persoalan ekonomi tingkat nasional.

"Tadi saya yang tanya-tanya ke dia (Agus Marto) mengenai ekonomi nasional. Misalnya soal neraca perdagangan, defisit APBN, yang seperti-seperti itulah," ujar Jokowi usai bertemu Agus, Kamis siang (7/8/2014).

"Ya diskusi saja, ya bagaimana caranya supaya bisa menaikkan pertumbuhan ekonomi nasional," lanjut Jokowi.

Kendati demikian, Jokowi mengatakan bahwa agenda utama kedatangan Agus ke kantornya sebenarnya bukan soal itu. Mereka berdua membicarakan soal kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta di bidang pengelolaan keuangan, yakni non cash transaction (NCT).

Agus, kata Jokowi menanyakan apa yang telah dilakukan Pemprov DKI soal implementasi NTC di Jakarta. Jokowi pun menceritakan jika penerapan NCT di Jakarta sudah masuk ke usaha kecil menengah.

"Kita ini PKL dan bayar rusun saja retribusinya pakai non-cash semua. Yang kecil-kecil seperti itu saja kita sudah canggih. Saya cerita itu," ujar Jokowi.

Jokowi menampik bahwa pertemuan tersebut berbau politik. Misalnya, terkait penyusunan kabinet menteri. Pertemuan tersebut, lanjut Jokowi, murni soal pengambilan kebijakan di Pemprov DKI Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com