Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Bentuk Tim Terpadu Awasi Investasi Abal-abal

Kompas.com - 07/08/2014, 17:14 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah kali ini tidak main-main mengawasi berbagai investasi yang didalamnya berkedok penipuan. Untuk itu, dibentuklah tim terpadu untuk mengawasi investasi yang ditengarai merupakan.

"Waduh bahaya itu (MMM), pemerintah sudah membentuk tim terpadu antara Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan Bareskrim Polri (Badan Reserse Kriminal) untuk melihat hal seperti ini," ujar Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Ardiansyah Parman di Jakarta, Kamis (7/8/2014).

Dia menjelaskan, MMM adalah money game yang sangat berisiko. Bahkan masyarakat diminta untuk sangat hati-hati mengenai semua penawaran yang mengiming-imingi keuntungan yang besar tanpa usaha apapun.

"Harus disosialisasikan, jangan terlalu percaya dengan penawaran-penawaran yang sifatnya akan dapat hasil mendadak, kalau mendadak pasti ada yang dirugikan, gak ada itu (sistemnya)," katanya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN), Ardiansyah Parman sudah mengatakan, investasi MMM sangatlah berbahaya karena mamakai sistem piramida yang dilarang dalam UU Perdagangan. Bahkan sistem money game semacam itu sudah menimbulkan banyak korban di Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com