Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Akan Menaikkan Harga BBM

Kompas.com - 13/08/2014, 10:26 WIB


BRASILIA, KOMPAS.com -
Pemerintah Brasil akan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) dalam negeri setelah pemilihan presiden di bulan Oktober. Kenaikan harga berkisar antara 5,5 persen hingga 6 persen. Namun, ini baru perhitungan sementara.

Menurut sumber Reuters, alasan pemerintah mengerek harga BBM untuk membantu perusahaan minyak pelat merah Brasil yakni Petroleo Brasileiro atau yang dikenal dengan nama Petrobas. 

Sebelumnya, Presiden Brasil Dilma Roussef mematok harga BBM di bawah tingkat internasional untuk mengekang inflasi. Hal ini dilakukan karena Dilma akan maju dalam pertarungan dalam pemilihan umum presiden mendatang.

Hanya angka inflasi Brasil masih tinggi. Tak pelak, kebijakan tersebut malah merugikan keuangan Petrobas karena dipaksa membeli bahan bakar dengan harga internasional dan menjual dengan harga lebih murah di pasar lokal.

Nah, "Kenaikan harga BBM akan memberikan ruang kepada Petrobas jika ada lonjakan harga minyak di luar negeri, dengan begitu pemerintah tidak perlu menyesuaikan penyesuaian harga tiba-tiba," kata sumber tersebut.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com