Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini yang Dicari Lulusan Universitas di Perusahaan

Kompas.com - 13/08/2014, 14:22 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Konsultan employer branding internasional Universum membuat sebuah survei tentang perusahaan-perusahaan yang paling diminati mahasiswa setelah mereka lulus dan memperoleh gelar sarjana. Hasilnya, ada beberapa perusahaan dalam negeri yang menjadi favorit.

Untuk rumpun bisnis, perusahaan yang menempati posisi teratas adalah Bank Indonesia, PT Pertamina, dan Kementerian Keuangan. Adapun untuk rumpun teknik, perusahaan teratas adalah PT Pertamina, Chevron Indonesia, dan Schlumberger.

Dalam rumpun humaniora, hasil riset Universum menunjukkan Bank Indonesia, Kompas Gramedia Group, dan PT Pertamina pada urutan teratas.

Sementara itu, untuk rumpun ilmu pengetahuan alam yaitu PT Pertamina, PT Unilever Indonesia Tbk, dan Chevron Indonesia berada pada posisi teratas.

Adapun untuk rumpun teknologi informasi, Google, Microsoft, dan Bank Indonesia merupakan pilihan utama para mahasiswa yang menjadi responden.

Sebenarnya, apa yang paling dicari oleh mahasiswa terhadap karier di sebuah perusahaan? Strategic Employer Branding Advisor Universum Agnes Amelia menyatakan, ada keunikan tersendiri yang ditemukan pada responden Indonesia dibandingkan negara-negara lainnya.

"Dalam memilih perusahaan, mahasiswa melihat faktor manusia dan budaya (people and culture), ini unik. Pada saat bersamaan, di negara-negara berkembang lainnya, mereka mencari kesempatan jenjang karier dan remunerasi (advancement and remuneration)," kata Agnes di Gedung Kompas Gramedia, Rabu (13/8/2014).

Terdapat 120 perusahaan yang masuk ke dalam kategori pilihan pada survei tersebut. Kriteria perusahaan yang dipilih berdasarkan kategori yang telah dirinci oleh Universum.

"Ada beberapa karakteristik, seperti global attractiveness, local attractiveness, jumlah rekrutmen, branding perusahaan, kehadiran, dan aktivitas mereka dalam rekrutmen di kampus, dan nilai-nilai kompetisi," ujar Agnes.

Survei dilakukan terhadap sekitar 12.435 mahasiswa dari 20 universitas di Indonesia. Periode survei dilakukan antara bulan Februari hingga April.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com