Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kopi Luwak Naikkan Pamor Indonesia di Mata Dunia

Kompas.com - 14/08/2014, 20:35 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan (Kemendag) memberikan apresiasi untuk jenis kopi luwak yang dianggap menaikkan nilai kopi Indonesia.

"Kopi saya kira, sekarang memang masa perubahan era baru dulu yang jadi pertimbangan utama volume. Tapi sekarang value dan mulai masuk ke brand. Jenis kopi luwak mengangkat brand Indonesia," ujar Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Khrisnamurti di Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Namun kata Bayu, walaupun branding kopi Indonesia baik, tapi untuk ekspor kopi memang diakuinya terus menurun. Dari semester I tahun ini saja kata dia, penjualan kopi Indonesia sebesar 500 juta dollar AS sementara target penjualan tahun ini sebesar 1,4 miliar dollar AS. Itu berarti penjualan smester I tidak sampai setengah dari target yang ditentukan.

Meskipun demikian kata Bayu, dirinya mendapatkan kabar gembira karena harga kopi mulai naik. Hal tersebut menurutnya disebabkan oleh situasi harga kopi di Brazil yang menurun karena panen kopi disana mengalami kendala.

Oleh dasar kenaikan harga kopi dunia tersebut Bayu pun berharap bahwa target penualan yang sudah ditetapkan mampu tercapai bahkan kalau perlu terlampaui nilainya. "Ya mudah-mudahan kita bisa capai target," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com