Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CT: Tantangan Ekonomi Indonesia Berat

Kompas.com - 15/08/2014, 12:55 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung mengungkapkan pidato kenegaraan yang disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menekankan pentingnya pembangunan dan menjaga laju pertumbuhan ekonomi.

Meski demikian, CT menyatakan, tantangan ekonomi Indonesia ke depan sangat berat. Sebab, situasi geopolitik dunia akan berpengaruh terhadap geoekonomi Indonesia.

"Tantangan sangat berat. Tidak mudah untuk pemerintah ke depan untuk bisa mempercepat kembali proses pertumbuhan ekonomi kita," kata CT di Gedung DPR/MPR, Jumat (15/8/2014).

Lebih lanjut, CT mengatakan, hal yang terpenting bagi ekonomi Indonesia saat ini adalah jangka pendek, yakni menjaga pertumbuhan ekonomi.

Pada semester I 2014, pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami perlambatan hingga bertengger pada posisi 5,2 persen. "Dengan langkah-langkah tertentu bisa lebih memperdalam pertumbuhan ekonomi. Sehingga, kesejahteraan merata di seluruh rakyat Indonesia," ujar CT.

Dalam pidatonya, SBY menyatakan Indonesia terus mencetak pertumbuhan ekonomi yang relatif tinggi. Pada periode 2009-2013, secara rata-rata pertumbuhan ekonomu nasional mencapai 5,9 persen.

"Ini jauh lebih tinggi dari pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, Eropa, dan Jepang pada kurun waktu yang sama," ujar SBY.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com