Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dahlan: Selama Masih Banyak Intervensi, BUMN Belum Merdeka

Kompas.com - 18/08/2014, 07:21 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan bahwa BUMN saat ini belum merdeka sepenuhnya dari berbagai intervensi politik dan bisnis.

"Sebetulnya belakunya prinsip-prinsip korporasi, itulah kemerdekaan di BUMN. Tapi kalau masih banyak intervensi, belum diberlakukannya UU PT saya rasa belum terlalu merdeka," ujar Dahlan di Kantor Kementerian BUMN, Jakara, Minggu (17/8/2014).

Dia menjelaskan, sebenarnya selama masa kepemimpinannya saat ini, dirinya telah melakukan upaya agar semua BUMN tidak mendapatkan intervensi baik politik maupun bisnis. Bahkan selama 2,5 tahun ini, intervensi kepada BUMN relatif tidak ada. Dahlan pun mengklaim, dalam skala 1-10, dia menilai BUMN ada di skala 8,5.

"Ini tentu kalau sampai 10 rasanya tidak mungkin, tapi kalau 9 saja, tambah sedikit saja, saya kira sudah bagus," kata dia.

Meskipun BUMN saat ini dinilai relatif tidak ada intervensi, Dahlan tetap mengingatkan pemerintah mendatang agar terus menjadi BUMN dari intervensi pihak manapun. Oleh karena itu menurut dia, pemerintahan mendatang harus tetap memiliki komitmen kuat membentengi BUMN dari intervensi-intervensi yang akan datang.

"Biarlah prinsip-prinsip korporasi tetap jalan dan biarlah profesionalisme di BUMN tetap jalan," kata Dahlan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com