Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

September, Samsung Mulai Bangun Pabrik Komponen Ponsel di Indonesia

Kompas.com - 19/08/2014, 16:39 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan elektronik raksasa asal Korea Selatan, Samsung, akan membangun pabrik komponen ponsel di Indonesia dalam waktu dekat ini. Rencananya, pembangunan pabrik tersebut akan dimulai pada September tahun ini dengan nilai investasi sebesar 20 juta dollar AS.

"Samsung itu, saya sampaikan dia minta gak di ekpose dulu. Tapi pada prinsipnya mulai bangun secara bertahap mulai September ini. Industri peralatannnya 20 juta dollar AS," ujar Menteri Perindustrian, MS Hidayat di Kantor Kementerian Perindustrian, Jakarta, Selasa (19/8/2014).

Hidayat menjelaskan, pembangunan pabrik tersebut akan dibangun di Jakarta. Menurut dia, Psebenarnya pemerintah sudah menawarkan opsi pembangunan di luar Pulau Jawa, namun Samsung tetap meminta pembangunan pabriknya di Jakarta.

Sementara itu, alasan pembangun pabrik tersebut kata Hidayat, karena permintaan ponsel Samsung di Indonesia sangat tinggi.

"Itu pabrik baru, di sekitar Jakarta. Saya ajak mereka keluar Jawa tapi mereka ingin di sini. Indonesia merupakan pasar terbesar untuk ponsel Samsung jadi Itu adalah tahap pertama untuk pabrik baru, karena mengantisipasi lonjakan market yang besar yang datang dari Indonesia. Demand terbesar Asean di Indonesia," kata Mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com