Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saham Apple Sentuh Rekor, Wall Street Melaju

Kompas.com - 20/08/2014, 07:38 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -
Saham-saham di Wall Street berakhir di zona hijau pada perdagangan Selasa (19/8/2014) waktu setempat (Rabu pagi WIB), menyusul data ekonomi menggembirakan dan laporan laba yang kuat dari Home Depot.

Indeks Dow Jones Industrial Average ditutup naik 80,85 poin (0,48 persen) pada16.919,59. Indeks berbasis luas S&P 500 bertambah 9,86 poin (0,50 persen) menjadi 1.981,60, dan indeks komposit teknologi Nasdaq menguat 19,20 poin (0,43 persen) ke posisi 4.527,51.

Data ekonomi AS terbaru menunjukkan kenaikan dalam "housing starts" (rumah baru) setelah dua bulan melambat, tanda menggembirakan bagi sektor konstruksi, dan juga inflasi yang hangat, dengan harga konsumen naik hanya 0,1 persen pada Juli.

"Kami memiliki fundamental yang telah membaik dan pasar sekarang tampaknya kurang terfokus pada kekhawatiran geopolitik," kata Peter Cardillo, kepala ekonom pasar Rockwell Global Capital.

Komponen Dow, Home Depot, naik 5,6 persen setelah laba kuartal keduanya datang pada 1,52 dollar AS per saham, tujuh sen di atas ekspektasi para analis. Jaringan toko material perbaikan rumah ini menaikkan prediksi labanya untuk 2014, mengutip penjualan yang kuat.

Hal tersebut juga mendorong saham saingannya, Lowes, yang naik 2,1 persen.

Pengecer lain juga melaporkan laba yang kuat. Dick Sporting Goods maju 1,6 persen karena laba kuartal keduanya 67 sen per saham mengalahkan ekspektasi sebesar dua sen.

TJX, yang memiliki pengecer Marshalls, TJ Maxx dan jaringan ritel diskon lainnya, melesat 8,7 persen lebih tinggi karena didorong prospek setahun penuhnya setelah hasil kuartal kedua lebih baik dari perkiraan. Perusahaan ini sekarang memproyeksikan laba tahun fiskal 2015 di kisaran 3,10-3,18 dollar AS per saham, jauh di atas tahun lalu 2,83 dollar AS per saham.

Namun, pembuat kosmetik Elizabeth Arden tenggelam 23,3 persen karena penjualannya pada kuartal keempat anjlok 28,4 persen menjadi 191,7 juta dollar AS akibat penurunan tajam dalam penjualan wewangian selebriti, terutama produk Justin Bieber dan Taylor Swift.

Apple, pembuat iPhone dan perusahaan terbesar di dunia berdasarkan kapitalisasi pasar, menetapkan tertinggi baru, sahamnya mencapai 100,68 dollar AS, lebih baik dari capaian tertinggi sebelumnya hampir dua tahun yang lalu.

Saham Apple ditutup naik 1,4 persen pada 100,53 dollar AS, juga rekor penutupan baru.

Salix Pharmaceuticals melonjak 150,5 persen karena laporan bahwa Allergan kemungkinan membuat tawaran untuk itu sebagai bagian dari upaya untuk menangkis upaya pengambilalihan dari Valeant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com