Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/08/2014, 14:14 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Pemerintah tahun ini menyediakan 100.000 kursi untuk pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di seluruh Indonesia. Namun, dari jumlah kursi tersebut, ternyata ada 1.865 kursi yang disediakan bagi pelamar dengan jalur khusus.

"Ada 1.865 kuota khusus, itu termasuk dalam 100.000 tadi. Kategori alokasi khusus ialah putra putri berprestasi dan kita sudah rembukan dengan forum rektor dan Kemendikbud," ujar Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Setiawan Wangsaatmadja, di Jakarta, Rabu (20/8/2014).

Setiawan pun menyebutkan, ada beberapa syarat yang harus dimiliki peserta untuk dapat melamar menjadi CPNS melalui jalur khusus tersebut.

Syarat pertama, pelamar harus berasal dari sekolah atau universitas yang akreditasinya A dan harus cumlaude.

Kedua, pelamar adalah putra putri dari Papua dengan kuota sekitar 165 orang. Sementara itu, untuk persyaratan ketiga, jalur ini diperuntukkan kepada atlet-atlet yang berprestasi.

Keempat jalur ini pun diperuntukkan bagi para sarjana yang mengajar di SM3T, yaitu program mengajar di daerah terpencil, terdalam, dan terluar yang dibuat oleh pemerintah.

Sebelumnya, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) membuka pendaftaran secara online seleksi CPNS 2014 melalui portal nasional Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) mulai hari ini.

Para pelamar yang berminat bisa mengunjungi situs http://sscn.bkn.go.id dan https://panselnas.menpan.go.id/ untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com