Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dikritik karena Dianggap Tak Membumi, DEN "Cuek"

Kompas.com - 22/08/2014, 01:09 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewan Energi Nasional (DEN) mengaku tidak terpengaruh terhadap kritikan berbagai pihak yang menyebut konsep-konsep pemikiran DEN hanya angan-angan dan tidak membumi.

Bahkan DEN menganggap kritikan tersebut dilontarkan oleh pihak-pihak yang tidak memiliki pandangan jauh ke depan terhadap energi nasional.

"DEN bukan hanya dibilang tidak membumi, kami juga didemo. Memang DEN bukan dibuat menyelesaikan masalah saat ini, tapi memikirkan energi kita di masa depan," ujar Anggota DEN, Rinaldy Dalimi, Kamis (21/8/2014).

Dia menambahkan, DEN memang dibentuk untuk membuat rencana besar di masa yang akan datang. Bahkan kata Rinaldy, sebagai bangsa yang besar, Indonesiah harus melihat contoh bagaimana negara-negara seperti Jepang telah membuat rencana pengelolaan energinya dalam 100 tahun mendatang.

Oleh karen itu, DEN merasa tidak tersinggung dengan kritikan-kritikan seperti itu karena dinilai hal yang biasa. Namun, dia mengatakan, bahwa apa yang dilakukan DEN adalah untuk masa depan bukan untuk saat ini.

"Tapi mereka yang mengatakan itu hanya memikirkan jangka pendek, sementara kita (DEN) memikirkan jangka panjang," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com