Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wall Street Melaju, Indeks S&P Ciptakan Rekor

Kompas.com - 26/08/2014, 07:18 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -Saham-saham di Wall Street naik pada Senin (25/8/20140 waktu setempat (Selasa pagi WIB), dengan indeks S&P 500 menyentuh tingkat angka bulat 2.000 poin untuk pertama kalinya didorong berita merger dan akuisisi (M&A) menggembirakan dan reli saham Eropa.

Indeks acuan menetapkan rekor tertinggi baru sepanjang masa di 2.001,95 poin pada awal sesi sebelum berakhir di 1.997,94 poin, juga merupakan rekor penutupan tertinggi, naik 9,52 poin, atau 0,48 persen dari penutupan Jumat (22/8/2014).

Indeks saham unggulan (blue-chip) Dow Jones Average Industrial naik 75,65 poin, atau 0,44 persen, menjadi 17.076,87, masih di bawah rekor penutupannya. Indeks komposit Nasdaq naik 18,80 poin, atau 0,41 persen, menjadi 4.557,35, tingkat penutupan tertinggi baru dalam 14,5 tahun.

Rekor kenaikan S&P 500 mengikuti kenaikan lintas batas di pasar ekuitas Eropa pada Senin, setelah Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Mario Draghi pada Jumat mengatakan bahwa bank sentral bersedia untuk mendorong kebijakan moneter yang lebih akomodatif karena ekonomi benua biru itu stagnan.

Pasar juga diuntungkan dari nada relatif "dovish" yang ditetapkan oleh Ketua Federal Reserve AS Janet Yellen dalam sambutannya pada konferensi ekonomi tahunan di Jackson Hole, Wyoming, Jumat. Yellen mengejutkan Wall Street dengan mengumumkan tidak ada langkah-langkah kebijakan baru dalam hal kenaikan suku bunga.

Berita merger dan akuisisi juga memberikan dukungan untuk penguatan di pasar saham, mengimbangi data ekonomi AS yang keluar lebih rendah dari perkiraan.

Raksasa farmasi Swiss, Roche, pada Minggu mengatakan bahwa mereka akan membayar 8,3 miliar dollar AS untuk mengakuisisi perusahaan biotek yang berbasis di California, InterMune, Inc. dalam upaya untuk memperluas portofolio produk respirasi terdahulu.

Selain itu, Burger King dilaporkan dalam pembicaraan untuk membeli jaringan kopi dan donat Kanada, Tim Hortons, untuk menciptakan perusahaan restoran makanan cepat saji terbesar ketiga di dunia yang berkantor pusat di Kanada untuk tujuan inversi pajak.

Di sisi ekonomi, penjualan rumah keluarga tunggal baru di AS turun 2,4 persen pada Juli ke tingkat tahunan yang disesuaikan secara musiman 412.000, kata Departemen Perdagangan Senin. Penurunan Juli mengikuti penurunan tajam pada Juni.

Sementara itu, produksi atau output sektor jasa AS pada Agustus naik di laju paling lambat sejak Mei, menurut data awal yang dirilis oleh perusahaan data keuangan Markit. Indeks Pembelian Manajer sektor jasa yang disesuaikan secara musiman tercatat 58,5 pada Agustus, turun dari 60,8 pada Juli.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP/ANTARA
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com