Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Garap Pasar Terigu Kaltim, Bogasari Buka BBC di Samarinda

Kompas.com - 26/08/2014, 14:49 WIB

SAMARINDA, KOMPAS.com
-  PT Indofood Sukses Makmur Tbk  (ISM) Divisi Bogasari Flour Mills memperkuat pasar terigu di Kalimantan Timur, dengan membuka unit pelatihan Bogasari Baking Center (BBC) di kota Samarinda.

Ivo Ariawan Budiprabawa, Vice President Sales Area 3, PT ISM Tbk Divisi Bogasari,  untuk wilayah Kaltim, volume penjualan terigu Bogasari mencapai 2.000 metrik ton (MT) per bulan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 800 MT per bulan untuk kebutuhan wilayah Kota Samarinda.

“Dan volume pemakaian terigu di Kota Samarinda lebih besar dibanding Balikpapan meski Ibukota Provinsi Kalimantan Timur. Hal ini bisa jadi karena laju pertumbuhan penduduk di Samarinda lebih besar dibanding Balikpapan,” papar Ivo dalam siaran pers Selasa (26/8/2014).

Dengan keberadaan BBC, sebutnya, Bogasari ingin memberikan edukasi kepada para UKM, sekaligus menginspirasi calon wirausaha baru. “Ke depannya Bogasari juga akan membuka Depo Samarinda untuk menangkap besarnya potensi pasar terigu di Kota Samarinda dan sekitarnya,” kata Ivo.

Ia mengatakan, peluang usaha di sektor makanan berbasis terigu memang sangatlah potensial. Ini dapat dilihat dari konsumsi tepung terigu yang setiap tahunnya meningkat di kisaran 6 persen-8 persen.

Ivo menjelaskan, unit pelatihan BBC  pertama kali diluncurkan Bogasari pada 15 Oktober 1981 berlokasi di kawasan pabrik Bogasari, Tanjung Priok. Hingga saat ini, jumlah total BBC ada 19 yang tersebar di 16 kota berbagai propinsi. Antara lain Aceh, Medan, Padang, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Cirebon, Kediri, Semarang Surabaya, dan kota lainnya termasuk Samarinda yang diresmikan Selasa 26 Agustus ini.

Bogasari berharap dengan adanya BBC ini akan menginspirasi lahirnya wirasusaha baru di sektor makanan berbasis terigu, sekaligus meningkatkan nilai usaha para UKM.

“Sampai akhir 2013, tercatat sebanyak 132.000 orang yang sudah berlatih di Bogasari Baking Center. Sebagian besar dari lulusan/alumni BBC tersebut sudah menjadi pelaku usaha makanan berbasis terigu,” kata Ivo.

Terus bertambahnya minat masyarakat berlatih di BBC karena ingin membuka usaha makanan berbasis terigu, sejalan dengan pertambahan keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC) yang merupakan loyalty program kemitraan Bogasari dengan UKM makanan berbasis terigu. Sampai akhir Juli 2014, jumlah UKM Binaan Bogasari dalam keanggotaan BMC sudah mencapai 54.879 UKM. Dibanding periode yang sama tahun 2013 mengalami kenaikan 1.000 lebih dari 53.872 UKM.

“Dari jumlah secara nasional tersebut, sebanyak 595 UKM berada di Provinsi Kalimantan Timur, dan 187 diantaranya berlokasi di Kota Samarinda,” ucap Ivo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com