Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertamina Sebut Konsumen BBM di Pulau Jawa Manja

Kompas.com - 27/08/2014, 14:03 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — PT Pertamina (Persero) menyebut bahwa kegaduhan kelangkaan BBM bersubsidi hanya terjadi di Pulau Jawa. Bahkan, Pertamina menyebut bahwa konsumen BBM di Jawa adalah konsumen yang manja.

"Seperti yang tadi dikatakan Pak Hanung (Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina), kalau di Kalimantan, Batam bisa menerima. Ini kan hanya di Jawa, makanya konsumen di Jawa ini konsumen manja," ujar VP Corporate Communication Pertamina Ali Mudakir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Ali memberikan contoh nyata, masyarakat di Batam sudah mampu menerima kebijakan pengurangan kuota BBM bersubsidi. Bahkan kata dia, Batam sudah menggunakan sistem pengendalian konsumsi bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, khususnya jenis solar, dengan menggunakan kartu survei. Dengan demikian, tidak ada dampak yang signifikan terhadap pengendalian konsumsi solar.

Sebelumnya, Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya menyatakan bahwa masyarakat di bebagai daerah bisa menerima kebijakan pembatasan kuota BBM bersubsidi.

"Kita berusaha keras untuk menyedikan BBM non-subsidi. Di Kalimantan, di Sumatera, di Sulawesi, Papua, bisa menerima. Misal solar habis pukul 16.00, ya sudah, mereka beli besoknya," kata Hanung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com