Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kadin Tuntut Jokowi-JK Realisasikan Janjinya di Sektor Mineral Tambang

Kompas.com - 29/08/2014, 21:49 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap banyak terhadap kepemimpinan Joko Widodo dan Jusuf Kalla mendatang, khususnya untuk sektor pertambangan mineral.

Ketua Komite Tetap Mineral Kadin Indonesia Poltak Sitanggang mengutip dokumen visi, misi, dan program aksi Jokowi-JK halaman 32-33 menyebutkan, pemerintah baru akan memberikan perhatian khusus pada upaya perbaikan menuju ekonomi berdikari melalui program aksi. Dalam point empat dia menyebutkan, pemerintah Jokowi-JK berkomitmen untuk penguasaan sumber daya alam melalui peningkatan jumlah pengusaha tambang nasional.

Selain itu, masyarakat lokal harus memperoleh manfaat langsung dari pengelolaan tambang di wilayah mereka. Dalam poin keenam disebutkan, pengurangan secara drastis konflik antara masyarakat lokal dan perusahaan tambang. Disusul poin ketujuh adalah jumlah usaha pertambangan rakyat harus meningkat.

Jokowi-JK juga berkomitmen agar porsi penerimaan negara dari hasil tambang secara bertahap harus meningkat. “Dari apa yang sudah disampaikan tersebut, kita bisa menuntut realisasi secepatnya. Kami yakin karena beliau selalu melakukan 'blusukan' dan mendengarkan,” kata Poltak dalam diskusi di Kadin, Jakarta, Jumat (29/8/2014).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com