Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jokowi Disarankan Keluarkan Perppu untuk Tambah Kuota BBM

Kompas.com - 31/08/2014, 10:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com
-  Mantan Menteri Koordinator Perekonomian, Rizal Ramli menyarankan presiden terpilih Joko Widodo mengeluarkan Perppu terkait Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2014. Hal itu dilakukan agar ada penambahan kuota bahan bakar minyak (BBM) sampai dengan bulan Desember.

Hal itu menurut Rizal juga bisa dijadikan sebagai alternatif apabila Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)  tidak ingin berbaik hati mengeluarkan Perppu tersebut untuk pemerintahan mendatang.

"Seharusnya begitu dilantik dia (Jokowi) keluarkan Perppu untuk mengubah APBN-P untuk 2014 agar ada penambahan kuota. Jadi itu bisa dilewati dengan Perppu," kata Rizal di  Jakarta, Sabtu (30/8/2014).

Menurut dia, setelah bulan Oktober pasokan BBM semakin menipis. Sehingga jatah kuota 46 juta kiloliter BBM tidak akan cukup sampai dengan akhir tahun.

Dia menilai, bila Jokowi tidak mengeluarkan Perppu akan menjadi bumerang pada pemerintahannya sendiri. "Kalau Jokowi tidak mengeluarkan Perppu dan menaikkan harga BBM bisa masalah pemerintah baru," katanya. (Rahmat Patutie)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com