Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buruh Demo Tolak Kenaikan Harga BBM, Menperin Jamin Investor Tetap Aman

Kompas.com - 02/09/2014, 13:18 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perindustrian (Menperin) MS Hidayat memberikan jaminan kepada investor di kawasan-kawasan industri menjadi lebih nyaman dalam menjalankan bisnisnya. Termasuk penjaminan keamanan jika harga BBM dinaikan.

"Insya Allah ada (jaminan keamanan), karena ini (perlindungan obyek vital) melibatkan kementerian sebagai institusi dan untuk masalah security ini melibatkan POLRI," ujar MS Hidayat di Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Dia menjelaskan, jaminan tersebut ada karena berbagai kawasan industri di Indonesia sudah ditetapkan menjadi obyek vital nasional. Dengan begitu, kawasan industri akan mendapatkan pengawasan keamanan yang jauh lebih ketat.

Terkait aksi demo buruh yang sering dikeluhkan pengusaha, Hidayat mengaku hal tersebut bagian dari pekerjaan rumah pemerintah agar para pengusaha merasa nyaman menjalankan bisnis. Sebenarnya mekanisme penyelesaian masalah buruh dan pengusaha saat ini sudah ada tetapi belum maksimal.

"Kita mempunyai forum tripartit yang mewakili unsur-unsur yang terkait, yang menjadi masalah memang kalau di dunia usaha ada APINDO, pemerintah sama Depnaker, buruh ini karena lebih dari 90 asosiasinya maka seringkali representatif dari kaum buruh ini mesti dibuat lebih mantap dan betul-betul merepresentasikan suara buruh," kata Hidayat.

Sebelumnya, wacana penaikan harga BBM sudah ditentang oleh para buruh. Bahkan jika BBM jadi dinaikan, buruh mengancam akan menggelar aksi besar-besaran menentang kebijakan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com