Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Para Miliarder Ini Sumbangkan Separuh Kekayaannya untuk Amal

Kompas.com - 04/09/2014, 11:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


KOMPAS.com — Anda mungkin mengenal orang-orang ini lantaran dinobatkan sebagai orang-orang paling tajir di dunia. Beberapa di antaranya juga dikenal sebagai miliarder yang gemar mendermakan sebagian hartanya atau mendirikan yayasan amal. Akan tetapi, tak banyak yang mengetahui jika para miliarder ini menyumbangkan separuh kekayaannya.

Warren Buffett dan Bill Gates membentuk kampanye The Giving Pledge yang mengajak orang-orang superkaya untuk menyumbangkan setidaknya setengah dari kekayaan mereka untuk kegiatan amal. Perkumpulan ini tak bersifat mengikat secara legal. Namun, hingga tahun 2013 lalu, The Giving Pledge telah berhasil menggaet 122 orang terkaya di dunia untuk ikut dalam kampanye ini.

Berikut beberapa miliarder yang menyumbangkan separuh kekayaannya untuk diamalkan, seperti dikutip dari TheRichest.com.

1. Bill Gates

Pendiri Microsoft ini menduduki takhta orang terkaya sejagat pada tahun 1995 hingga 2009. Saat ini, kekayaan Gates diperkirakan sekitar 81 miliar dollar AS dan sudah sejak lama menyumbang untuk kegiatan amal. Gates dan istrinya, Melinda, ikut mendirikan The Giving Pledge. Mereka berdua secara publik mengumumkan janji untuk menyumbangkan 95 persen kekayaan mereka.

2. Richard Branson
Pendiri Virgin Group ini bergabung dengan The Giving Pledge tahun lalu. Branson berjanji akan menyumbangkan uangnya untuk membantu kegiatan inovasi dan kewirausahaan. Menurut Forbes, kekayaan Branson ditaksir mencapai 5 miliar dollar AS dan menjadikannya orang Inggris terkaya keenam.

3. Mark Zuckerberg
Zuckerberg, 30 tahun, merupakan pendiri Facebook dan merupakan miliarder termuda. Sebagai salah satu anggota The Giving Pledge, ia mendonasikan 18 juta saham Facebook senilai 500 juta dollar AS kepada Silicon Valley Community Foundation dan 100 juta dollar AS kepada Startup:Education untuk memperbaiki sekolah-sekolah.

4. David Rockefeller
Dukungan David Rockefeller, 99 tahun, kepada The Giving Pledge terbilang cukup besar. The New York Times mengestimasikan donasi pribadinya mencapai sekitar 900 juta dollar AS pada 2006. Ada 100 juta dollar AS yang didonasikan ke Museum of Modern Art, 100 juta dollar AS kepada Harvard University, 100 juta dollar AS kepada Rockefeller University, dan sebagainya.

5. Warren Buffett
Buffett, pemilik konglomerasi Berkshire Hathaway dan investor andal, memiliki kekayaan setidaknya mencapai 58,5 miliar dollar AS. Ia telah berjanji untuk menyumbangkan 99 persen kekayaannya untuk amal pada saat wasiatnya dibacakan. Sebanyak 83 persennya langsung disalurkan ke Gates Foundation. Jumlah itu sangat besar. Akan tetapi, keputusan Buffett ini dinilai diambil lantaran ia adalah pencetus The Giving Pledge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com