Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Minati Kakao Polewali Mandar

Kompas.com - 04/09/2014, 14:24 WIB
Kontributor Polewali, Junaedi

Penulis


POLEWALI MANDAR,KOMPAS.com - Sejumlah pengusaha asal Jepang menyambangi sentra penanaman dan pengolahan kakao di Polewali Mandar Sulawesi Barat. Para pengusaha ini tertarik dengan kakao asal Polman yang sudah menembus hingga Eropa.

“Saya senang dan bangga bisa melihat langsung bagaimana petani Polman menanam dan mengelola kakao sampai mereka bisa mengekspor ke luar negeri,” ujar Keiichi Yoshino, trade marketing Japan Co. Ltd dari K Co, Ltd, kepada wartawan di Polewali Mandar, Kamis (4/9/2014) ketika mengunjungi salah satu pusat pengolahan dan penanaman kakao di Luyo Polewali Mandar.

Para importir kakao asal Jepang ini mengunjungi sejumlah sentra penanaman dan pengolahan kakao seperti di kecamatan Luyo, Tapango dan Mapilli Polewali Mandar. Mereka ingin
melihat secara langsung proses penanaman kakao/pemeliharaan hingga penanganan pasca panen.

Menurut dia,  kualitas kakao asal Polman diminati warga Jepang karena kualitasnya yang lumayan bagus. Namun, Keiichi mengakui, eskpor kakao Polman ke Jepang memang masih terbilang kecil. Dengan adanya kerja sama Pemda Polewali dengan Jepang ini, diharapkan volume ekspor kakao dapat lebih meningkat.

Kedatangan Keiici dan rombongan di Polewali Mandar juga adalah bagian dari upaya perusahana inportir kakao ini untuk menjajaki kemungkinan kerja sama inpor kakao polewali mandar secara berkelanjutan ke depan.

Kabag Humas Pemda Polewali mandar, Mustari Mula menyebutkan, rombongan yang berjumlah 29 inim  salah satunya karena terkarik dengan kakao asal Polewali Mandar yang saat ini sudah menembus pasar ekspor termasuk ke Eropa barat dan Jepang.

Menurut Mustari pihak pemda Polewali Mandar menyambut baik peluang kerja sama tersebut.  Pemda, sebut Mustari,  memfasilitasi pengusaha asal Jepang ini untuk melihat langsung sumber-sumber produksi kakao asal Polman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com