Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengamat: Jika Wamen ESDM Ditunjuk Jadi Menteri, Dia Akan Masuk Muri

Kompas.com - 04/09/2014, 15:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Didik J Rachbini mengatakan, penunjukan menteri ESDM baru tidak perlu dilakukan oleh Presiden SBY karena masa jabatannya sudah hampir habis.

Menurut Didik, jika Presiden menunjuk Wamen ESDM Susilo Siswoutomo menjadi menteri maka akan masuk dalam catatan Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) sebagai menteri tersingkat.

"Waktunya sudah pendek sekali. Kalau Wamen ESDM jadi menteri, dia nanti akan masuk Muri karena tercepat (jabatan menterinya)," ujar Didik di Jakarta, Kamis (4/9/2014).

Oleh karena itu, kata dia, lebih baik Presiden menunjuk Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung atau Wamen ESDM menjalankan fungsi Menteri ESDM Jero Wacik yang ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK.

Didik juga menilai bahwa tugas itu bisa dilakukan oleh Menko Perekonomian atau Wakil Menteri ESDM. Bahkan, menurut dia, saat ini keduanya sudah berkontribusi aktif menjalankan fungsi Kementerian ESDM. "Kan sudah tinggal hitungan dua bulan, tak lama. Sudah, itu dipegang Menko dan Wamen saja," kata Didik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com