Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahana Artha Ventura Perkuat Kerjasama Pembiayaan Mikro dengan BSM

Kompas.com - 04/09/2014, 19:33 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bahana Artha Ventura (BAV) menjalin kemitraan dengan PT Bank Syariah Mandiri (BSM) dalam rangka memperkuat pembiayaan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Sejak tahun 2009, BAV telah menjalin kerja sama pembiayaan dengan pola executing dengan BSM. Pembiayaan tersebut diberikan kepada nasabah UMKM yang memiliki prospek baik (feasible) tapi belum bankable untuk modal kerja atau investasi.

Hingga 2014, total pembiayaan kerjasama BAV dan BSM mencapai Rp543 miliar. Dari jumlah itu, sekitar Rp 300 miliar disalurkan BAV langsung kepada nasabah dan dan sisanya Rp243 miliar melalui sembilan perusahaan modal ventura daerah (PMVD) yang merupakan jaringan perseroan.

Presdir BAV Andi Buchari berharap perseroan bisa meningkatkan kerja sama dengan BSM. Salah satu yang dilakukan adalah menambah jumlah perusahaan moda ventura daerah atau PMVDdan langsung diizinkan untuk bekerja sama langsung dengan BSM. "Potensi pertumbuhan UMKM Indonesia masih terbuka lebar," kata dia dalam keterangan tertulis, Kamis (4/9/2014).

Saat ini pelaku bisnis UMKM di Indonesia mencapai 56,5 juta unit. Sekitar 98,9 persen dari jumlah tersebut tergolong usaha mikro. "Makin banyak UMKM memperoleh pembiayaan, makin tinggi peluang pertumbuhan wirausaha baru di tengah masyarakat," kata Andi.

Sementara itu, SEVP BSM Edwin Dwidjajanto juga berharap bisa terus meningkatkan pembiayaan kepada segmen UMKM dalam rangka menopang bisnis perseroan dan meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com