Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jika Ditunjuk SBY, CT Siap Rangkap Jabatan Menteri ESDM

Kompas.com - 05/09/2014, 19:16 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Jero Wacik telah resmi mengundurkan diri dari jabatan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun demikian, penunjukan pejabat yang akan menggantikan posisi Jero merupakan wewenang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menyatakan, jika SBY menunjuk dirinya untuk merangkap jabatan, dirinya akan menerima jabatan tersebut. Akan tetapi, ia mengaku enggan berandai-andai.

"Ya harus siap, itu kan di kewenangannya Pak Presiden. Saya terima tugas saja. Tapi saya tidak mau berandai-andai, tunggu keputusan Pak Presiden saja, mungkin Senin atau Selasa minggu depan," kata CT di kantornya, Jumat (5/9/2014).

CT mengatakan, pengganti Jero akan menjabat secara ad interim. Dalam sidang kabinet siang ini pun, lanjut dia, SBY telah menerima surat pengunduran diri Jero. Selanjutnya, SBY akan menerbitkan Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian terkait pengunduran diri Jero dan akan secara langsung menunjuk pejabat pengganti.

"Penggantinya bersifat ad interim. Kalau dilantik menteri baru kan masa jabatannya hanya 1 bulan 1 minggu. Belum sempat dibayar gajinya juga sudah lengser," ujar CT.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jero disangka melakukan pemerasan. Menurut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), nilai uang yang diduga diterima Jero sekitar Rp 9,9 miliar. Uang tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi Jero, termasuk pencitraan. Uang itu juga ada yang digunakan untuk pihak lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com