Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyeksi, IHSG Diintai Aksi Ambil Untung

Kompas.com - 08/09/2014, 07:36 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif di awal pekan ini, Senin (8/9/2014). Tekanan ambil untung diperkirakan membayangi pergerakan saham-saham unggulan.

IHSG menguat sekitar 0,76 persen pada pekan kemarin dan bertahan di level 5.217,36. Dilihat secara sektoral, indeks pun mayoritas naik  kecuali indeks properti yang turun 2,0 poin (0,42 persen). Penguatan terbesar pada indeks infrastruktur (2,61 persen) diikuti indeks keuangan (2,41 persen) dan indeks pertambangan (1,86 persen).

Indeks bursa AS ditutup menguat pada Jumat (5/9/2014) dengan indeks Dow Jones naik 67,78 poin atau 0,40 persen, S&P 500 naik 0,50 persen, dan Nasdaq naik 0,45 persen. Indeks sempat tertekan di awal sesi terimbas data pekerjaan yang mengecewakan. Sektor non farm payroll hanya menambah 142.000 pekerjaan walaupun tingkat pengangguran turun ke level 6,1 persen. Namun investor mengambil sisi lain dari kabar tersebut di mana diperkirakan kebijakan kenaikan suku bunga dan pengurangan stimulus dapat dilakukan lebih lama lagi.

Bursa Eropa mayoritas ditutup melemah terimbas data pekerjaan AS yang mengecewakan dan juga profit taking investor setelah indeks menguat merespon kebijakan stimulus Bank Sentral Eropa. Indeks FTSE turun 0,33 persen, CAC turun 0,19 persen sementara DAX naik 0,23 persen.

Riset Semesta Indovest memerkirakan bursa Indonesia hari ini akan bergerak variatif terimbas konsolidasi pelaku pasar setelah indeks cetak rekor. "Indeks EIDO naik 1,25 persen. Saham-saham yang dapat diperhatikan hari ini antara lain TLKM, MDLN, MPPA, PWON dan WSKT," tulisnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com