Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Tarif Baru Transaksi Lintas Bank di ATM

Kompas.com - 10/09/2014, 12:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com 
— Bersiaplah membayar ongkos lebih besar jika bertransaksi lintas bank menggunakan mesin anjungan tunai mandiri (ATM). Pasalnya, per 1 Oktober nanti, provider jaringan ATM Prima, ATM Bersama, dan bank anggota sepakat mengerek tarif transaksi lintas bank di ATM.

Tiga jenis transaksi antar-bank rata-rata mengalami kenaikan tarif sebesar 50 persen. Hermawan Tjandra, SVP Marketing Rintis Sejahtera (ATM Prima), mengatakan, perubahan tarif sudah dibahas dengan bank anggota.

Alasan kenaikan tarif adalah peningkatan biaya operasional karena jaringan perbankan yang semakin luas. "Apalagi, terakhir kami menaikkan tarif itu pada tahun 2007. Padahal, kami terus meningkatkan sistem dan peranti lunak," terang Hermawan seperti dikutip Kontan, awal pekan ini.

Kompak, Lia Herlianawaty, Corporate Communications dan Legal Manager Artajasa Pembayaran Elektronis (ATM Bersama), mengatakan, kenaikan tarif merupakan imbas dari kenaikan beban investasi dan beban operasional. "Kenaikan ini hasil masukan dari beberapa bank anggota," ujar Lia.

Berikut besaran tarif transaksi lintas bank di ATM:
1. Transfer: Rp 7.500, sebelumnya Rp 5.000
2. Cek saldo: Rp 4.000-Rp 4.500, sebelumnya Rp 2.000-Rp 3.000
3. Penarikan tunai: Rp 7.500-Rp 8.000, sebelumnya Rp 5.000

Sebagai informasi, jaringan ATM Bersama beranggotakan 82 bank, di antaranya, BNI, BRI, Bank Mandiri, CIMB Niaga, Bank Panin, Bank Permata, dan Bank Danamon.

Adapun jaringan ATM Prima beranggotakan 57 bank, di antaranya BCA, BNI, BRI, Bank Mandiri, dan CIMB Niaga. (Dea Chadiza Syafina, Issa Almawadi, Nina Dwiantika)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com