Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elpiji 12 Kg Naik, Masyarakat Belum Tentu Beralih ke 3 Kilogram

Kompas.com - 10/09/2014, 12:00 WIB
Tabita Diela

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan harga elpiji untuk ukuran tabung 12 kilogram sebesar Rp1.500 per kilogram, atau sekitar Rp18.000 per tabung tidak serta-merta menggeser minat konsumen dari elpiji 12 kilogram ke 3 kilogram.

Deputi Kepala Badan Pusat Statistik Bidang Statistik Distribusi dan Jasa, Sasmito Hadi Wibowo mengatakan, seiring dengan kenaikan itu, kemungkinan ada yang beralih menggunakan elpiji 3 kilogram, tapi ada juga yang tidak. "Karena harus beli lagi tabungnya, biaya lagi. Tapi kemungkinan tetap ada," katanya di Jakarta, Rabu (10/9/2014).

Sasmito juga enggan mengira-ngira jumlah pergeseran tersebut. Namun, jika diandaikan pengguna elpiji 12 kilogram setara dengan pengguna 3 kilogram, maka pengguna elpiji 12 kilogram akan bergeser ke elpiji 3 kilogram.

Menurut dia, sebaiknya pergeseran ini juga diantisipasi. Pasalnya, jika pembelian elpiji 3 kilogram tidak terkendali, pemerintah juga tetap harus mengucurkan subsidi untuk elpiji 3 kilogram. Hal ini, menurutnya, akan kontraproduktif.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com