Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Plan dan Kompas TV Gelar Kompetisi Film Pendek

Kompas.com - 12/09/2014, 15:37 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Plan International Indonesia bekerja sama dengan Kompas TV menggelar kompetisi film pendek tingkat nasional, untuk merayakan Hari Anak Perempuan se-Dunia (International Day of the Girls), yang jatuh tanggal 11 Oktober. Kompetisi ini diadakan sekaligus untuk mensosialisasikan kampanye BIAAG (Because I Am A Girl), yang mempromosikan persamaan hak dan akses bagi anak perempuan di berbagai bidang terutama pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Film yang akan dilombakan harus masuk dalam tema besar “Memberdayakan Remaja Perempuan: Memutus Lingkar Kekerasan.”

Country Director Plan International Indonesia, Mingming Remata-Evora, mengatakan, saat ini masih banyak perempuan yang mengalami diskriminasi karena persoalan gender dan usia. Dibandingkan anak laki-laki, anak perempuan cenderung kurang mendapat akses di berbagai bidang, terutama bidang pendidikan dan sumberdaya ekonomi.

“Selain itu, perempuan juga lebih berisiko menghadapi kekerasan dalam berbagai bentuk, baik di rumah, sekolah, atau lingkungan yang lebih luas,” jelas Mingming, di Jakarta, Jumat (12/9/2014).

Dengan pengalaman bekerja bersama 1,5 juta anak dan keluarga di 52 negara, Plan menyimpulkan, anak-anak perempuan belum diperlakukan setara dengan anak laki-laki. Padahal, anak perempuan memiliki potensi besar untuk berkontribusi bagi keluarga, masyarakat, dan bahkan negara.

“Hasil riset Plan di Indonesia tahun 2011 menyebutkan, 33,5 persen anak usia 13–18 tahun pernah menikah. Rata-rata mereka menikah di usia 15,16 tahun. Hampir semua perempuan yang menikah di usia muda tidak lagi dapaty melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi,” katanya.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Redaksi Kompas TV, Yogi Nugraha mengatakan, dengan memanfaatkan momentum International Day of the Girls, Plan dan  Kompas TV ingin mendorong masyarakat untuk mengidentifikasi persalan-persoalan yang dihadapi oleh anak-anak perempuan di Indonesia.

“Melalui medium film, kami sekaligus mengajak masyarakat memperkuat upaya perlindungan dan persamaan hak bagi anak perempuan. Kami yakin dengan semakin mudahnya akses komunikasi dan teknologi informasi, kompetisi ini akan menghasilkan film-film berkualitas, baik dari sisi konten maupun teknis,” ujar Yogi.

Kompetisi film pendek ini terbuka untuk pelajar dan umum, dalam rentang umur 15 sampai 25 tahun. Pengumpulan film dimulai sejak 7 September sampai 7 Oktober 2014. Informasi lebih lengkap bisa diperoleh dengan mengunjungi website serta media sosial Plan Indonesia, khususnya  di Facebook dan Twitter.

Pada puncak kegiatan, Plan Indonesia dan Kompas TV akan memberikan penghargaan kepada para pemenang, serta memutar semua karya film para finalis tanggal 11 Oktober 2014,  di Jakarta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com