Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Dana Nasabah Perbankan

Kompas.com - 12/09/2014, 18:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) saat ini tengah mencermati perkembangan dana pihak ketiga (DPK) bank yang tumbuh melambat. Pada bulan Juli 2014, pertumbuhan DPK melambat menjadi 11,36 persen dibandingkan 13,63 persen pada bulan sebelumnya.

"Perlambatan pertumbuhan DPK ini diperkirakan hanya bersifat sementara sejalan dengan tingginya permintaan uang kartal di periode lebaran dan diperkirakan akan kembali meningkat hingga akhir tahun searah dengan ekspansi pemerintah yang terus meningkat," tulis BI dalam keterangan resmi, Jumat (12/9/2014).

Di samping itu, sejalan membaiknya kondisi likuiditas, beberapa bank besar sudah menurunkan suku bunga simpanannya pada bulan Agustus 2014. Kondisi ini diharapkan dapat terus berlanjut hingga persaingan DPK yang sempat terjadi di beberapa periode sebelumnya semakin berkurang.

Secara umum, bank sentral menilai kondisi stabilitas sistem keuangan masih solid. Hal ini ditopang oleh ketahanan sistem perbankan dan relatif terjaganya kinerja pasar keuangan. Beberapa indikator menunjukkan perkembangan yang positif. Rasio kecukupan modal (CAR) perbankan pada Juli 2014 masih tinggi, sebesar 19,39 persen, jauh di atas ketentuan minimum 8 persen. Sementara itu, rasio kredit bermasalah (NPL) tetap rendah dan stabil di kisaran 2 persen.

"Ke depan, BI menilai masih terdapat sejumlah risiko dari eksternal dan domestik yang perlu diwaspadai yang dapat mengganggu stabilitas ekonomi makro dan stabilitas sistem keuangan. Untuk itu, BI akan melakukan pemantauan terhadap perkembangan kondisi perbankan dan memperkuat kebijakan makroprudensial," ujar BI.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com