Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Langkah SKK Migas Atasi Korupsi

Kompas.com - 15/09/2014, 10:17 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengaku sudah melakukan perbaikan dan pencegahan korupsi di tubuh lembaga hulu migas tersebut. Salah satunya adalah menggalakkan whistle blowing system (WBS) sebagai sarana pengaduan dan pelaporan yang disediakan bagi siapa saja yang memiliki informasi perbuatan berindikasi korupsi yang dilakukan pimpinan dan pekerja SKK Migas.

“Bagi kontraktor KKS, vendor, pihak terkait, dan masyarakat yang mengetahui adanya pelanggaran oleh pekerja SKK Migas dapat melaporkan melalui aplikasi ini,” kata Pengawas Internal SKK Migas, Budi Ibrahim dalam ketengan pers yang diterima Kompas.com, Jakarta, Minggu (14/9/2014).

Menurut dia, sistem WBS tersebut mampu meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan kegiatan usaha hulu migas di Indonesia dengan melakukan integrasi proses bisnis internal di SKK Migas.

Integrasi tersebut dilakukan dalam pengelolaan pengadaan dan manajemen aset, keuangan, serta sumber daya manusia dengan mengimplementasikan enterprise resource planning (ERP).

Dia pun berharap, dalam pengembangannya nanti, ERP bisa diintegrasikan dengan data-data lapangan di kontraktor kontrak kerja sama (Kontraktor KKS) seperti data produksi, perencanaan, manajemen aset, komersial, alokasi produksi, kegiatan pemeliharaan, laporan dan analisa lapangan yang pernah dilaksanakan.

Selain WBS dan ERP, SKK Migas juga mengaku sudah melakukan fraud risk assesment di seluruh fungsi untuk memitigasi, menutup, dan mencegah risiko korupsi.

baca juga: Pengamat: Jokowi Harus Berani Membubarkan SKK Migas

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com