Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Emas Dunia Akhirnya Naik Lagi

Kompas.com - 16/09/2014, 07:42 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir menguat pada Senin (15/9/2014) waktu setempat (Selasa pagi WIB), setelah turun selama lima sesi berturut-turut.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember, naik 3,6 dollar AS atau 0,29 persen, menjadi ditutup pada 1.235,1 dollar AS per ounce.

Emas naik setelah laporan yang dirilis oleh Federal Reserve AS menunjukkan bahwa total hasil industri menyusut 0,1 persen pada Agustus, penurunan pertama sejak Januari.

Sementara itu, hasil manufaktur AS turun 0,4 persen pada Agustus. Penguatan dalam hasil pertambangan dan utilitas tampak tidak cukup untuk mengimbangi penurunan di bidang manufaktur, laporan menunjukkan.

Para analis mengatakan rata-rata pergerakan 50 hari (50-day moving average) yang melampaui di bawah rata-rata pergerakan 200 hari pada pekan lalu adalah suatu kondisi bearish (trend melemah) yang belum terlihat sejak awal 2013.

Investor akan memperhatikan pertemuan kebijakan Fed yang dijadwalkan pada Selasa dan Rabu pekan ini. Beberapa analis yakin bahwa Fed akan mengetatkan kebijakan moneternya setelah dalam beberapa bulan data ekonomi tampak positif.

Sementara perak untuk pengiriman Desember naik 1,4 sen, atau 0,08 persen, menjadi ditutup pada 18,62 dollar AS per ounce. Adapun, platinum untuk pengiriman Oktober kehilangan tujuh dollar AS, atau 0,51 persen, menjadi ditutup pada 1.363,5 dollar AS per ounce.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com